Langsung ke konten utama

Materi Tema 2 Subtema 2 (Part 1)

Untuk dibaca!


IPA

1. Energi Listrik  dan Bahaya Energi Listrik

a. Energi Listrik

Energi listrik berubah menjadi energi kalor/panas, contohnya setrika listrik. Setrika listrik lebih mudah dipakai dibandingkan dengan setrika konvensional yang menggunakan arang yang dibakar.

Energi listrik berubah menjadi energi cahaya, contohnya bola lampu atau lampu neon. Bandingkan betapa rumitnya jika kita menggunakan lampu petromak atau lampu minyak yang menggunakan bahan bakar minyak tanah. Pada lampu petromak terjadi perubahan energi kimia menjadi energi cahaya.

Energi listrik menjadi energi gerak, contohnya kipas angin. Bandingkan jika kita menggunakan kipas, maka tenaga yang dibutuhkan lebih banyak dan terjadi perubahan energi kimia dari makanan menjadi energi gerak.

b. Bahaya Energi Listrik

Di antara kerugian yang paling besar adalah hubungan singkat atau konsleting yang dapat mengakibatkan kebakaran. Pada saat kortsluiting, arus listrtik tidak mengalir melalui alat-alat listrik sehingga energi listrik diubah menjadi energi panas oleh kawat penghantar. Jika energi panas itu sangat besar maka kabel/kawat akan berpijar yang akhirnya menimbulkan kebakaran.

Untuk mencegah bahaya kebakaran atau kerusakan karena korsluiting maka digunakan sekering. Sekering terdiri atas seutas kawat logam timah hitam yang dibungkus dengan porselen atau kaca sebagai isolator.

2. Berbagai Cara Hemat Energi di Rumah

Berikut ini adalah hal- hal yang dapat dilakukan untuk melakukan penghematan energi.

Banyak energi yang terbuang hanya dengan meninggalkan peralatan listrik tetap tercolok ke stop kontak dan membuat peralatan pada mode siaga. Dengan hanya mencabut peralatan ketika mereka tidak digunakan, dapat menghemat tagihan listrik. Pasang sakelar pada kabel listrik televisi, kabel DVD, dan alat elektronik hiburan lainnya dan ketika mereka tidak digunakan, matikan daya listrik melalui sakelar tersebut. Lepaskan steker, karena beberapa perangkat masih dapat menarik listrik bahkan setelah mereka dimatikan.

- mencuci pakaian, baik tingkat air dan suhu pencucian memainkan peran besar dalam jumlah energi yang digunakan. Pastikan menggunakan tingkat suhu yang benar.

- Pencahayaan memiliki peran 11% dari tagihan listrik di rumah. Dengan mematikan lampu,

berarti menghemat energy

- Saat ini banyak toko elektronik menyediakan lampu hemat energi. Ganti lampu lama dengan lampu hemat energi.

- Di sekitar rumah, banyak sumber energi listrik yang dimanfaatkan oleh kita. Namun kita harus hati-hati dengan sumber listrik tersebut karena berbahaya

- Menggunakan listrik seperlunya, misalnya pada saat menghidupkan televisi atau radio, kita tidak membiarkannya tetap hidup sementara kita sudah tidak menonton atau mendengarkan siaran radio.

- Menggunakan lampu dengan daya yang rendah sesuai dengan kebutuhan.

- Tidak terlalu sering menghidupkan dan mematikan alat listrik dengan daya tinggi, misalnya setrika.

- Tidak lupa mematikan lampu pada saat bangun pagi.

 

IPS

1. Manfaat Sumber Daya Alam

Tahukah kalian apa saja pemanfaatan Sumber Daya Alam bagi kehidupan? Mungkin kalian belum banyak menyadari bahwa alam memberikan begitu banyak manfaat bagi kehidupan kita. Kekayaan sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk menunjang dan mempermudah kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Manfaat kekayaan alam bagi masyarakat dapat dirasakan langsung, misalnya hasil pertanian dan perkebunan. Sayur-sayuran, buah-buahan, padi, merupakan contoh beberapa hasil kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan secara langsung. Ada juga kekayaan alam yang dimanfaatkan secara tidak langsung. Artinya kekayaan alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Misalnya minyak bumi yang harus diolah terlebih dahulu menjadi minyak tanah, solar, bensin,maupun aspal agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sumber daya alam yang kita miliki menghasilkan kekayaan alam berupa hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil hutan, dan hasil tambang. Sumber daya alam tersebut akan bermanfaat apabila kita dapat mengolahnya dengan baik.

Setiap kekayaan alam yang kita miliki mempunyai manfaat dan kegunaan

masing-masing.

Contoh pemanfaatan sumber daya alam

pemanfaatan sumber daya alam

1. Bahan tambang

Bijih besi: konsentrat besi

Timah: kaleng atau kertas timah

Seng: lembaran seng untuk atap rumah

Intan, emas, dan perak: perhiasan

Tembaga: bahan untuk pembuatan kabel dan barang perunggu / kuningan

2. Bahan penghasil energi

Minyak bumi: bensin, pelumas, nafta, dan lain-lain

Gas alam: LPG (Liquid Petroleum Gas) dan LNG (Liquid Natural Gas)

Batu bara: bahan bakar minyak, semen, dan lain – lain

3. Pertambangan Mineral Industri

 

Batu kapur dan batu granit: bahan bangunan

Kaolin: bahan untuk membuat keramik

Pasir kuarsa: bahan untuk membuat kaca, piring, dan gelas

Yodium: obat penyakit gondok

Fosfat: bahan bakar industri pupuk

 

jenis sumber daya alam

1. jenis : rotan

wilayah : Kalimantan selatan

Permanfaatan : kerajinan tangan dan perabot rumah tangga

 

2. jenis : Baru bara

wilayah : Kalimantan timur

pemanfaatan : Pembangkit listrik tenaga batu bara

 

3. jenis : timah

wilayah : Belitong

pemanfaatan : Produksi timah sebagai bagian dari campuran logam

 

4. jenis : pemandangan alam nan indah

wilayah : seluruh inndonesia

pemanfaatan : wisata alam dan wisata bahari

 

5. jenis : Aliran air dengan debit tinggi

wilayah : sumatra barat

pemanfaatan : Pembangkit Listrik Tenaga Air

 

6. jenis : Panas bumi

wilayah : Dieng Jawa Tengah

pemanfaatan : Sumber listrik dari panas bumi

 

7. jenis : Minyak bumi

wilayah : Kalimantan timur

pemanfaatan : sumber daya dari bahan bakar

 

8. jenis : kayu jati

wilayah : jepara

pemanfaatan : sebagai perabot rumah tangga

 

9. jenis : emas dan tembaga

wilayah : grassberg papua

pemanfaatan : memperkaya perusahaan asing freeport dan memperkaya kekayaan amerika

 

10. jenis : tanaman herbal

wilayah : seluruh indonesia

pemanfaatan : untuk dimakan dan dijadikan obat

 

11. jenis : fauna unik

wilayah : seluruh indonesia

pemanfaatan : sebagai ikon fauna indonesia

 

12. jenis : SDA akuatik

wilayah : lautan indonesia

pemanfaatan : untuk dimakan atau di jadikan hiasan

 

13. jenis : Sinar matahari

wilayah : seluruh indonesia

pemanfaatan : untuk mengeringkan air laut untuk dijadikan garam dll.

 

14. jenis : Aspal

wilayah : sulawesi tenggara

penggunan : Untuk mengaspal jalanan yang rusak

 

15. jenis : Kaolin

wilayah : Pulau bangka

pemanfaatan : obat diare

Pelestarian Sumber Daya Alam

2. Pelestarian SDA

Ketersediaan sumber daya alam memang untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, tetapi sebagai manusia kita juga harus melestarikan sumber daya alam agar dapat dirasakan manfaatnya untuk anak cucu kita kelat.

Bagaimana cara melestarikan sumber daya alam? Mari kita pelajari lebih lanjut

1. Pelestarian Tanah

Tanah adalah media utama tumbuhan hidup, tanpa tanah yang subur tumbuhan tidak akan tumbuh. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesuburan tanah dengan melakukan pemupukan, menanam pohon di lahan tandus atau hutan yang gundul, serta membuat sengkedan agar tanah tidak mudah terkikis.

2. Pelestarian Air

Air menjadi sumber daya alam yang sangat penting bagi manusia, jika dalam penggunaan air tidak dengan cara yang bijak maka akan merugikan manusia kedepannya. Cara pelestarian air dengan menggunakan air secara hemat, tidak mencemari sungai maupun laut, membuat peresapan air ditiap pemukiman warga, serta pengelolaan limbah industri. Air juga berasal dari hutan maka dengan menanami hutan yang gundul juga menjadi pelestarian air.

3. Pelestarian Hutan

Dengan memelihara hutan kita sudah menjaga pelestarian hutan. Misalnya melakukan tebang pilih pada pohon yang sudah rapuh atau tua, melakukan reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul, tidak melakukan pembakaran hutan, dan mencegah adanya penebangan liar atau illegal logging.

4. Pelestarian Barang Tambang

Barang tambang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui  maka dari itu kita sebaiknya melestarikan penggunaan barang tambang

dengan menggunakan barang tambang sehemat mungkin, mendaur ulang atau memanfaatkan barang tambang yang sudah tidak terpakai, dan menggunakan barang pengganti.

5. Pelestarian Hewan Air

Hewan air dan air bersih menjadi satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Untuk menjaga kelestarian keduanya maka kita harus menjaga kebersihan sungai, laut dan danau, menangkap ikan dengan pancing atau tombak tanpa mengebom atau meracuni laut, tidak menangkap ikan menggunakan pukat harimau, serta menjalankan program kebersihan sungai maupun laut.

PKn

1. Pelaksanaan Hak dalam menggunakan energi :  Mendapat kebebasan dalam menggunakan energi,terpenuhinya kebutuhan akan berbagai jenis energi,mendapat kemudahan dalam melakukan inovasi energi alternatif,mendapatkan tarif untuk membayar energi secara wajar,terhindar dari kelangkaan energi.

2. Pelaksanaan Kewajiban

Kewajiban dalam menggunakan energi :  Menggunakan energi secara bijaksana,berinovasi dalam menciptakan energi-energi alternatif lainnya, memastikan penggunaan energi secara efisien dan efektif,tidak berlebihan dalam menggunakan peralatan yang memerlukan energi,menghemat penggunaan energi.

SBDP

1. Pengertian Tempo

Tempo adalah kecepatan ukuran kecepatan dalam birama lagu atau utk mengatur kecepatan lagu .

2.Jenis-jenis Tanda Tempo

Tempo menggunakan ukuran jumlah ketukan dalam satu menit, atau beat per minute (bpm). Terdapat beberapa macam tempo yang digunakan di dalam musik, dikelompokkan menjadi Tempo Lambat (Slow Tempos), Tempo Sedang (Moderat Tempos), dan Tempo Cepat (Fast Tempos).

Tanda Tempo Lambat

Largo : lambat

Largissimo : lebih lambat

Largeto : agak lambat

Adagio : sangat lambat penuh perasaan

Grave : sangat lambat sedih

Lento : sangat lambat berhubung-hubungan.

2. Tanda Tempo Sedang

Moderato : sedang

Allegro moderato : cepatnya sedang

Andante : perlahan-lahan

Andantino : kurang cepat

3. Tanda Tempo Cepat

Allegro : cepat

Allegratto : agak cepat

Allegrissimo : lebih cepat

Presto : cepat sekali

Presstissimo : secepat-cepatnya

Vivase : cepat dan girang

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Bahasa Inggris

 

Materi Tema 6 (Cita-Citaku)

 Syalom, Pada hari ini saya post materi Tema 6 (Cita-Citaku) untuk memulai materi pembelajaran Semester Genap tahun 2022. Mohon di pelajari agar ketika masuk sekolah sudah ada gambaran materi yang akan di sampaikan. 1. Subtema 1 Download  Di sini 2. Subtema 2 Download  Di sini 3. Subtema 3 Download  Di sini