Selamat pagi anak-anak,
Silahkan baca rangkuman materi berikut.
Muatan Bahasa Indonesia
1. Laporan hasil
wawancara
I.
Latar Belakang
Melakukan alasan melakukan wawancara
II.
Maksud dan Tujuan
Menuliskan maksud dan tujuan dilakukan wawancara
III. Topik
Wawancara
Menuliskan topik wawancara untuk membatasi pembicaraan agar
tidak melebar.
IV. Waktu
dan Tempat Kegiatan
Menuliskan waktu dan tempat wawancara
V.
Laporan Hasil Wawancara
Menuliskan narasumber, pewawancara, dan hasil wawancar.
VI.
Kesimpulan
Menuliskan kesimpulan hasil wawancara.
2. Penulisan
Huruf Kapital
a. Huruf kapital
dipakai sebagai huruf pertama unsur nama orang, termasuk julukan
b. Huruf kapital
dipakai pada awal kalimat dalam petikan langsung
c. Huruf kapital
dipakai sebagai huruf pertama setiap kata nama agama, kitab suci, dan Tuhan,
termasuk sebutan dangan kata ganti untuk Tuhan.
d. Huruf kapital
dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa.
3. Tanda Baca
Titik (.) dan Koma (,)
a. Tanda Titik
1) Tanda titik
dipakai dibelakang angka atau huruf dalam suatu bagan, ikhtisar, atau daftar.
2) Tanda titik
dipakai untuk memisahkan angka jang, menit, dan detik yang menunjukkan waktu
atau jangka waktu.
b. Tanda Koma
1) Tanda koma
dipakai diantara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan.
2) Tanda koma
dipakai dibelakang kata atau ungkapan penghubung antar kalimat, seperti oleh
katena itu, jadi, dengan demikian, sehubungan dengan itu, dan meskipun
demikian.
4. Pendapat
merupakan opini atau gagasan yang dikemukakan oleh seseorang.
5. Berikut
beberapa cara mengemukakan pendapat
a. Memahami
masalah yang ada dengan seksama.
b. Menyampaikan
pendapat, gagasan, atau opini terhadap masalah yang ada.
c. Menyampaikan
pendapat tanpa menyinggung perasaan orang lain.
d. Pendapat yang
disampaikan dapat berupa solusi atau pemecahan masalah.
6. Laporan
pengamatan merupakan laporan yang disusun berdasarkan pengamatan terhadap
sebuah objek.
7. Objek
pengamatan dapat berupa sekolah, sungai, hutan, atau tanaman.
8. Presentasi
merupakan kegiatan penyampaian hasil wawancara, penelitian, atau pengamatan
secara lisan dalam suatu forum seperti diskusi.
9. Berikut cara
mempresentasikan hasil wawancara.
a. Memahami
hasil wawancara dengan seksama.
b. Mencatat
popok-pokok hasil wawancara.
c.
Mempresentasikan hasil wawancara dengan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
d. Memberikan
kesempatan kepada pendengar untuk memberi masukan terhadap hasil wawancaranya.
10. Pokok-pokok hasil
wawancara yang dapat kamu presentasikan sebagai berikut.
a. Latar
belakang melakukan wawancara.
b. Topik
wawancara
c. Tujuan
wawancara.
d. Orang yang
diwawancarai (narasumber)
e. Waktu dan
tempat kegiatan wawancara dilakukan.
f. Hasil
wawancara.
g. Kesimpulan wawancara.
Muatan IPS
1. Sumber daya
alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, meliputi
hewan dan tumbuhan.
2. Bentuk
pemanfaatan sumberdaya alam hayati sebagai berikut.
a. Pertanian
merupakan salah satu kegiatan pemanfaatan sumberdaya alam hayati berupa
tumbuhan untuk menghasilkan bahan pangan.
b. Perkebunan
merupakan kegiatan yang mengusahakan tanaman tertentu ditunjang dengan ilmu
pengetahuan untuk menghasilkan komoditas perdagangan.
c. Kehutanan
merupakan kegiatan mengelola, memanfaatkan, dan melestarikan hutan untuk
kepentingan manusia.
d. Peternakan
adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk
mendapatkan mafaat. Peternakan dibedakan menjadi tiga yaitu peternakan hewan
besar, peternakan hewan kecil, dan peternakan unggas.
e. Perikanan
adalah kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan
sumber daya hayati perairan. Berdasarkan kegiatannya, perikanan dibedakan
menjadi dua, yaitu perikanan budi daya dan perikanan tangkap.
3. Sumber daya
alam harus dimanfaatkan secara bijaksana. Artinya, dalam pemanfaatannya sumber
daya alam tersebut harus diperhatikan juga upaya pelestariannya.
4. Sistem
terasiring atau sengkedan dibuat di daerah dengan bentuk lahan miring. Tujuan
sistem terasiring adalah untuk mencegah erosi.
5. Sistem
terasiring merupakan salahsatu contoh pemanfaatan sumber daya alam dengan tetap
memperhatikan kelestariannya.
6. Berikut ini
beberapa kegiatan pemanfaatan sumberdaya alam yang disertai usaha pelestarian.
a. Sistem tebang
pilih dalam pemanfaatan hutan.
b. Penanaman
kembali hutan yang gundul.
c. Menangkap
ikan dengan menjaga habitanyta.
d. Melakukan
usaha penangkaran hewan dan tumbuhan.
e. Membuat
varietas unggul untuk meningkatkan keragaman jenis hewan dan tumbuhan.
Muatan IPA
Keseimbangan
alam adalah keadaan jumlah makhluk hidup yang satu seimbang denga jumlah
makhluk hidup lainnya dalam suatu ekosistem. Misalnya dalam ekosistema sawah
terdapat tanaman padi, tikus, ular, dan elang. Apabila populasi ular berkurang,
maka populasi tikus akan bertambah. Hal ini akan menyebabkan banyak tanaman
padi gagal panen karena dimakan oleh tikus. Apabila dalam ekosistem hutan
banyak pohon ditebang, maka banyak tananman dan hewan akan kehilangan
habitatnya. Hal ini akan menyebabkan hewan dan tumbuhan tersebut punah. Hilang atau
bertambah banyak populasi suatu makhluk hidup akan memengaruhi kelestarian
makhluk hidup lainnya dan juga memengaruhi keseimbangan alam.
1. Kegiatan
manusian yang menjadi penyebab kepunahan yaitu pembalakan liar, perburuan liar,
dan ahli fungsi lahan. Kegiatan alih
fungsi lahan yaitu pembukaan hutan untuk lahan perkebunan, persawahan,
permukiman, dan kawasan industri.
2. Berikut ini
beberapa sikap peduli untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang dapat kita
lakukan.
a. Tidak berburu
hewan secara liar dan tidak menebang pohon sembarangan.
b. Merawat hewan
piaraan dan tumbuhan yang ditanam dengan penuh kasih sayang.
c. Melakukan
tebang pilih (menebang dengan memilih ukuran dan usia tunbuhan)
d. Melakukan
peremajaan tanaman
e. Melakukan
penghijauan kembali (reboisasi) di lahan gundul agar lahan kembali dipenuhi
tumbuhan dan hewan.
f. Melaporkan
kepala pihak berwenang jika mengetahui orang yang melakukan tindakan mengancam
kelestarian tumbuhan dan hewan.
g. Membuang ampah pada tempatnya
3. Hewan piaraan
dan hewan ternak perlu dirawat dengan baik agar tumbuh sehat. Cara merawat
hewan sebagai berikut.
a. Menempatkan
hewan di dalam kandang yang sesuai
b. Memberi makan
dan minum secukupnya
c. Menempatkan
kandang di tempat yang cukup sinar matahari.
d. Membersihkan
kandang setiap hari.
e. Mengobati
hewan sakit.
4. Hewan liar
juga perlu dijaga dan dirawat dengan
cara tidak melakukan perburuan liar terhadap hewan-hewan liar, jika menemukan
hewan yang menderita segera lakukan tindakan untuk merawat hewan.
5. Tumbuhan juga
perlu dirawat dengan baik agar dapat tumbuh subur. Cara merawat tumbuhan
sebagai berikut.
a. Menyirami
dengan air secara teratur
b. Memberikan
pupuk tanaman yang sesuai.
c. Menyiangi
rumput yang tumbuh disekitarnya.
d. Memangkas
tanaman yang sudah besar dan lebat
e. Melindungi
dari serangan hama dan penyakit.
6. Penghijauan
merupakan kegiatan menanami lahan kosong dengan aneka jenis tanaman.
Penghijauan yang dilakukan di hutan gundul disebut reboisasi.
7. Manfaat dari
kegiatan penghijauan yaitu
a. Mengurangi
erosi tanah.
b. Mencegah
banjir dan tanah longsor.
c. Menyerap
polusi udara.
d. Menghasilkan
oksigen.
e. Menjaga
cadangan air tanah, serta mengurangi dampak efek rumah kaca.
Muatan SBdP
1. Karya seni
montase adalah karya seni yang dibuat dengan cara menggabungkan beberapa gambar
yang sudah jadi dengan gambar yang sudah jadi lainnya sehingga menjadi gambar
baru.
2. Dalam membuat
montase unsur-unsur yang harus diperhatikan yaitu kerapian, perpaduan warna,
perpaduan gambar yang ditempel
3. Berikut
langkah-langkah membuat montase dengan tema cinta lingkungan.
a. Menyiapkan
kertas, gunting, lem, dan gambar jadi. Gambar jadi diambil dari majalah atau
koran bekas.
b. Menempel
gambar di kertas HVS.
c.
Menyempurnakan karya montase.
d. Hasil jadi.
4.
Muatan PKn
1. Dalam hutan
banyak tumbuhan yang dapat menyerap karbon dioksida sekaligus menghasilkan
oksigen.hutan berfungsi sebagai pengatur tata air dan tempat tumbuh beraneka
ragam flora dan fauna sehingga terjadi keseimbangan ekosistem dalam kehidupan.
2. Peduli lingkungan merupakan kewajiban
masyarakat. Dengan peduli terhadap lingkungan berarti mereka tidak melanggar
hak orang lain.
3. Kepedulian
warga masyarakat dapat diwujudkan dalam bentuk tindakan seperti berikut.
a. Membuat
sampah pada tempatnya.
b. Melaksanakan
hak dan kewajiban terhadap lingkungan secara seimbang.
c. Melaporkan
kepada pihak yang berwajib ketika melihat terjadi penebangan liar.
d. Melakukan
penghijauan dengan menanam pohon yang mampu mengikat tanah.
4. Melestarikan lingkungan merupakan kewajiban
setiap warga masyarakat.
5. Melestarikan
lingkungan dapat kamu tunjukkan dalam berbagai tindakan seperti berikut.
a. Membuang
sampah pada tempatnya.
b. Melakukan
penghijauan atau reboisasi
c. Melakukan tebang pilih.
d. Melakukan
konservasi alam.
e. Memakai
energi ramah lingkungan
f. Membuat
sumur-sumur resapan air.
g. Mendaur ulang
barang yang sudah tidak bisa terpakai.
h. Mengurangi
pamakaian energi secara berlebihan.
i. Memilah
sampah organik dan nonorganik.
j. Membuat
sanitasi air bersih.
6. Melestarikan
lingkungan penting dalam menciptakan keseimbangan dalam kelestarian alam.
Melestarikan lingkungan juga dapat menciptakan iklam seimbang.
Untuk vidio bisa lihat berikut.
atau tonton langsung